BAB X. Tata Surya

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 

Kelas/Semester            :   VI / 2

Materi Pokok               :   Bumi dan Alam Semesta

Waktu                          :   12 x 45 menit (5 x pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan diskusi

  1. A.    Standar Kompetensi       :

9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

  1. B.     Kompetensi Dasar

9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tata surya
  • Siswa dapat Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi olehplanet-planet.
  • Siswa dapat Menyebutkan penyebab plenet-planet mengelilingi matahari
  • Siswa dapat Membuat keterangan mengenai matahari
  • Siswa dapat Memahami perbedaan antara planet dengan matahari
  • Siswa dapat Menyebutkan planet-palanet yang mengelilingi matahari
  • Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Siswa dapat Memahami pengertian dari
  • Siswa dapat Mengetahui kala revolusi dan rotasi suatu planet
  • Siswa dapat Memahami pengelompokkan planet luar dan planet dalam
  • Siswa dapat Mengetahui cara melihat planet dengan teleskop
  • Siswa dapat Memahami sifat dan keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tata surya
  • Siswa dapat Memahami sifat dan keadaan benda langit seperti :

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)

  1. D.    Materi Essensial

Tata Surya

  • Matahari sebagai pusat tata surya
  • Planet-planet
  • Sifat dan keadaan planet dalam tata surya
  • Meteor dan meteorid
  • Komet
  • Asteroid dan Planetoid
  • Satelit

Materi Pembelajaran :

Bumi  adalah bagian dari  tata  surya. Apakah  tata  surya  itu?  Selain bumi, benda-benda langit  apa  saja  yang termasuk dalam tata  surya?

Tata surya adalah nama yang diberikan untuk sekelompok kecil benda- benda  langit.  Kelompok kecil  tersebut terdiri  dari  matahari, bulan  dan  planet-planet, serta benda-benda langit  lain.  Apa  saja  anggota kelompok kecil tersebut? Mereka adalah matahari, planet dan  asteroida, satelit, ko- met,  serta meteorit. Matahari adalah pusat tata  surya. Semua benda langit  lain dalam  tata surya berputar mengelilingi matahari karena ada  gaya  tarik yang besar dari  matahari.

Amati  dan  perhatikan gambar  10.1  berikut!

A. Matahari dan Planet-planet dalam Tata Surya

1. Matahari

Matahari merupakan pusat tata  surya sekaligus sumber cahaya dan  panas.  Delapan planet dalam tata  surya bergerak mengelilingi matahari. Hal ini  disebabkan karena matahari memilki  gaya gravitasi paling  besar dalam sistem tata  surya.

Matahari merupakan  bintang yang terdekat dengan bumi. Jarak antara matahari dengan bumi  kira- kira  150  juta  km.  Matahari me- rupakan bola  gas  yang bercahaya. Lihat gambar  10.2! Suhu di permu- kaannya sekitar 6.000O   C dan  suhu intinya  mencapai 15 juta  derajat C. Diameter matahari kira-kira 109 kali diameter bumi.

 2. Planet-planet dalam tata surya

Apakah planet itu?  Planet  adalah benda langit  yang  tidak  memiliki cahaya.  Planet hanya memantulkan cahaya matahari.

Berapakah jumlah  planet dalam  tata  surya? Sampai saat  ini, dalam tata  surya  dikenal  8 buah  planet yaitu:  Merkurius, Venus, Bumi,  Mars,  Jupiter, Saturnus, Uranus, dan  Neptunus. Delapan planet itu dikelompok- kan menjadi planet dalam dan  planet luar.  Planet dalam berada di antara bumi  dan  batahari. Planet dalam terdiri  dari  Merkurius dan  Venus. Planet luar  adalah planet yang terletak di luar  orbit  Bumi.  Planet luar  terdiri  dari Mars,  Jupiter, Saturnus,  Uranus, dan  Neptunus.

Tiap  planet memiliki  garis  edar  atau  jalur  edar  saat  mengelilingi matahari yang  disebut orbit.  Bidang  yang  dilalui  planet saat  beredar disebut  bidang edar. Tiap  planet juga  memiliki  ciri khusus hingga dapat langsung  dikenali.  Ada  planet   yang  dekat  dengan matahari, ada  pula planet yang  sangat  dingin, ada  planet yang  memiliki  satelit  atau  bulan, ada  pula  planet  yang indah karena memiliki  cincin.  Seberapa jauh  jarak planet dari  matahari?  Berapa besar ukuran  planet tersebut dan  adakah makhluk hidup yang tinggal di setiap planet?

a.  Merkurius

 Merkurius adalah planet paling dekat  dengan Matahari. Suhu  tertinggi  di  permukaan planet Merkurius   bisa  mencapai r 430o C .

Bayangkan, tentu tidak  ada  makh- luk  hidup  yang  dapat bertahan di sana, bukan? Jarak yang dekat itu membuat  Merkurius menjadi pla- net  paling  cepat yang  mengelilingi Matahari. Waktu  yang  diperlukan Merkurius untuk mengelilingi mata- hari adalah 88  hari.  Planet Merku- rius dapat kamu  lihat pada gambar 10.3.

b.   Venus

Venus  adalah planet yang sinarnya paling  terang jika dilihat dari Bumi. Hal itu terjadi karena Ve- nus  adalah planet yang  jaraknya paling  dekat  dengan Bumi.  Planet Venus  tertutup oleh  kabut  tebal yang memantulkan sinar  matahari. Lihat  gambar  10.4!  Venus  sering disebut Bintang Fajar  atau  Bintang Kejora. Nama itu diberikan, karena Venus  tampak seperti bintang di langit  timur  sebelum  matahari terbit  dan  bersinar terang di langit

barat sebelum matahari tenggelam. Arah  rotasi Venus searah jarum jam (dari timur  ke barat). Hal ini berbeda dengan planet-planet lain yang rotasi- nya berlawanan arah  jarum jam.  Sekali  mengelilingi Matahari, Venus me- merlukan waktu  225  hari.

c.   Bumi

Bumi tempat kita tinggal adalah planet paling  istimewa. Sampai saat ini  Bumi  adalah satu-satunya planet yang dapat ditempati oleh  makhluk hidup.  Bumi  pun  merupakan satu-satunya planet yang ditutupi air serta dilapisi atmosfer. Lebih dari 75%  muka  bumi  tertutup air. Air adalah sumber  bagi  kehidupan.

Dalam  atmosfer terdapat oksigen yang digunakan makhluk hidup un- tuk   bernapas.  Atmosfer juga  melindungi Bumi  dari  sengatan matahari yang sangat  panas dan  akibat  buruk tabrakan benda-benda  langit  yang melintas di angkasa.

 Bentuk  bumi  tidak  bulat  bundar. Kutub-kutubnya pepat atau  rata  dan bagian ekuatornya menggembung. Ekuator atau  khatulistiwa adalah ga- ris khayal  yang membagi Bumi men- jadi belahan utara dan  selatan. Bumi mengelilingi Matahari selama 365,25 hari. Planet  Bumi  dapat kamu  lihat pada gambar  10.5.

d.  Mars

 Mars dijuluki Planet Merah karena permukaan planet Mars  tampak ber- warna  merah. Warna merah disebab- kan oleh adanya debu yang menutupi. Mars  memiliki  atmosfer yang sangat tipis. Mars tidak memiliki  air, tetapi di- temukan  batuan es  di kutubnya. Di planet Mars  ternyata juga  ditemukan banyak gunung  berapi. Gunung api terkenal adalah Olympus yang tinggi- nya  3 kali gunung  tertinggi di Bumi yaitu Mount Everest. Sekali mengelili- ngi matahari, Mars membutuhkan 687 hari.  Planet   Mars  dapat kamu  lihat pada gambar  10.6.

e.   Jupiter

Coba  kamu  lihat gambar  10.7! Itu adalah foto  planet Jupiter. Jupiter merupakan planet terbesar.  Garis tengah Jupiter adalah 11  kali garis tengah Bumi.  Seandainya Jupiter berupa lautan, tentu  Bumi  dapat di- tenggelamkan ke dalamnya. Meski- pun demikian untuk melihat Jupiter di- perlukan  teleskop besar. Mengapa?

Karena  planet ini sangat jauh  letaknya dari  Bumi.  Jika  kamu  lihat  foto Jupiter akan terlihat bercak besar yang menutupi permukaannya. Menurut penyelidikan,  bercak itu adalah badai topan yang  selalu  terjadi  di sana dan  tidak  pernah berhenti. Jupiter memerlukan 11,8  tahun untuk  menge- lilingi Matahari.

f.     Saturnus

Menurut para  pengamat,  Saturnus adalah planet terindah. Coba lihatlah gambar  10.8! Keindahan planet ini ditunjukkan oleh  cincin  sangat besar yang dimilikinya.  Cincin  itu terdiri  atas milyaran orbit  partikel kecil dari  batuan,  air, dan  es.  Waktu  yang diperlukan Saturnus untuk  menge- lilingi matahari satu  kali adalah 29,5  tahun.

g.    Uranus

Dalam  tata  surya, Uranus adalah planet kedua terbesar setelah Jupi- ter. Uranus memiliki  cincin  namun tak terlihat jelas  dari  Bumi seperti hal- nya  cincin Saturnus. Arah  rotasi Saturnus sama seperti Venus, dari  timur ke barat. Foto  planet Uranus dapat kamu  lihat  pada gambar  10.9.

Ciri lain planet Uranus adalah sumbu rotasinya hampir sejajar dengan lintasan revolusinya. Coba  kamu  perhatikan gambar  10.10!  Satu kali mengelilingi Matahari, planet Uranus memerlukan waktu  84  tahun.

h.    Neptunus

Neptunus  diambil dari  nama Dewa  Laut  bangsa Yunani.  Neptunus disebut planet biru kedua setelah Bumi. Neptunus terdiri  dari unsur hidro-  gen,  helium, dan  metana. Neptunus juga  memiliki  cincin,  berjumlah  4, tapi  tak seindah cincin  Saturnus. Sekali  mengelilingi Matahari, Neptunus memerlukan waktu  164,79  tahun. Foto  planet Neptunus dapat kamu  lihat pada gambar  10.11.

Mari Membuktikan!

Coba  keluarlah di pagi  hari  sebelum matahari terbit  atau  malam hari sesudah matahari terbenam! Tentu  saja  saat  hari  cerah. Carilah berkas sinar planet Venus. Cahaya akan terlihat seperti bintang namun tidak  berkelip.  Jika  kamu  keluar  di pagi  buta  carilah  cahaya itu di sebelah  timur.  Sebaliknya jika malam hari  carilah  ke langit  sebelah barat. Gunakan kompas jika kamu  tidak dapat menentukan arah  mata angin, atau  ingatlah  darimana matahari terbit  dan  tenggelam!

B. Ukuran dan Jarak Planet

 Perhatikan perbandingan ukuran planet yang ditunjukkan oleh gambar 10.12!  Garis  tengah matahari 109  kali garis  tengah bumi. Jupiter adalah planet  terbesar yang berukuran 11  kali Bumi.  Akan  tetapi ia masih jauh lebih  kecil  dari  Matahari. Lalu seberapa besar ukuran satelit dan  benda- benda langit  lain?  Satelit  selalu  lebih  kecil  dari  ukuran  planet yang  dikelilinginya.

 Bagaimana dengan jarak  tiap  planet ke  Matahari? Planet  terdekat dengan  Matahari adalah Merkurius, yaitu  berjarak 58 juta  km.  Jika  jarak Bumi  ke  Matahari diberi  ukuran  1, maka  Merkurius berjarak 0,39  jarak Bumi  ke  Matahari. Coba  bandingkan jarak  planet-planet lain  dengan Matahari pada tabel  10.1!

Tabel 10.1

Daftar ukuran planet dalam tata surya

No. Nama  Planet Garis tengah ekuator Jarak  ke matahari
1. Merkurius 4.879 km 58 juta  km
2. Venus 12.100  km 108 juta  km
3. Bumi 12.756  km 149 juta  km
4. Mars 6.790 km 230 juta  km
5. Jupiter 142.980 km 778 juta  km
6. Saturnus 120.540 km 1.430  juta km
7. Uranus 51.120  km 2.870  juta km
8. Neptunus 49.530  km 4.450  juta km

C. Benda-benda Langit Lain

 Selain 8 planet, berbagai benda langit anggota tata surya adalah satelit, asteroida, meteorit, dan  komet. Mari kita kenali  ciri-cirinya satu per  satu!

1. Satelit

Satelit   adalah pengiring planet. Satelit  mengelilingi planet. Bulan adalah  satelit  bumi,  karena Bulan  mengelilingi Bumi.  Planet  dalam  tata surya  yang  tidak  memiliki  satelit  hanyalah Merkurius dan  Venus. Bumi memiliki 1 satelit,  yaitu  Bulan.  Mars  memiliki  2 satelit, Jupiter 16 satelit, Saturnus 17 satelit, Uranus 12 satelit, dan Neptunus 8 satelit. Tetapi  jumlah tersebut masih akan  terus berkembang sesuai dengan hasil  penyelidikan dan  penemuan-penemuan.  Satelit   terbesar dalam  tata  surya   adalah Ganymeda dan  Titan.  Ganymeda adalah salah satu satelit planet Jupiter. Titan  adalah salah satu satelit planet  Saturnus.

2. Asteroida

Asteroida adalah benda langit  kecil-kecil  yang mengelilingi Matahari. Disebut juga  planet minor  atau  planetoida. Orbit  asteroida berada di antara  orbit  planet Mars  dan  Jupiter. Jumlah asteroida sangat banyak. Salah satu yang terkenal karena cukup besar adalah Ceres, garis tengahnya r 930 kilometer.

3. Meteroid

Meteorid adalah gumpalan batu  atau  besi  yang  bergerak bebas di angkasa. Meteorid dapat menabrak planet-planet, termasuk menabrak dan  jatuh  di permukaan bumi. Meteorid yang masuk ke atmosfer bumi  disebut meteor. Meteor bersinar terang dan  seperti berlari cepat sehingga orang menyebutnya Bintang Jatuh atau  Bintang Beralih.  Jika jatuh  di permukaan bumi  disebut  meteorit  dan  benturan meteorit dapat membentuk kawah yang disebut kawah meteor.

4. Komet

Komet  adalah benda langit  yang terdiri  dari gas  dan  debu yang diseli- muti  es.  Komet  mengelilingi Matahari tapi  tidak  mengikuti orbit  planet. Orbitnya sangat lonjong dan  panjang.

Jika mendekati Matahari debu- nya membentuk ekor panjang kare- na  tertiup  angin  matahari. Dalam bahasa  Yunani,  komet artinya  be- rambut  panjang. Coba  kamu  lihat gambar 10.13!  Komet  disebut juga bintang  berekor. Komet  dapat ter- lihat dari Bumi setiap waktu  terten- tu.  Misalnya,  Komet  Halley  terlihat setiap 76 tahun sekali.

D. Sistem Tata Surya

Sistem tata  surya adalah susunan benda-benda langit  yang terdiri  dari Matahari, delapan planet beserta satelit-satelitnya, dan  benda-benda langit  lain  seperti asteroida, komet, dan  meteorid. Dalam  sistem tata  surya, Matahari  berperan sebagai pusat dan  benda-benda langit  lain  berputar

mengelilinginya. Dapatkah kamu  bayangkan?

 1. Peredaran planet-planet

 Planet-planet beserta satelit- nya  dan  benda-benda langit  lain mengelilingi Matahari karena ada- nya  gaya tarik  matahari yang sa- ngat besar. Planet adalah anggota tata  surya yang berputar dengan orbit  tertentu yang tetap. Apakah orbit  itu?  Orbit  adalah jalan  yang dilalui benda langit  dalam pereda- rannya mengelilingi benda langit lainnya. Coba  perhatikan gambar 10.14!

Lihat kembali gambar  10.14!  Dapatkah kamu  menyebutkan susunan planet  dari  yang terdekat hingga terjauh? Manakah yang disebut planet dalam  dan  kelompok mana yang  disebut planet luar?  Seperti itulah susunan tata  surya,  Matahari berperan sebagai pusat dan  anggotanya berputar mengelilingnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s