BAB VII. Pemanfaatan Benda

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   VI / 2

Materi Pokok               :   Energi dan perubahannya

Waktu                          :   6 x 45 menit (3 x pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan praktik

  1. A.    Standar Kompetensi       :

7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

  1. B.     Kompetensi Dasar

7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya
  • Siswa dapat Pemanfaatan gaya dalam berbagai peralatan :
  • Siswa dapat Melakukan diskusi tentang kegiatan tersebut
  • Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Siswa dapat Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda
  • Siswa dapat Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
  • Siswa dapat Memahami cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)

D.    Materi Essensial

Gaya dan gerak

Materi Pembelajaran :

Berbagai jenis  benda dibuat oleh  manusia untuk  mempermudah hidupnya. Setiap benda dibuat dari bahan-bahan yang sesuai dengan tuju- annya. Misalnya, plastik dipilih untuk bahan baku benda-benda tahan karat.  Sifat  plastik dapat memenuhi tuntutan tersebut. Bagaimana dengan sifat bahan-bahan  lain? Bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan sehari- hari?

Amati  dan  pikirkan  gambar  7.1  berikut!

A. Sifat-sifat Benda atau Bahan

Beberapa bahan baku  yang banyak digunakan dalam pembuatan ba- rang antara lain karet, logam, kayu, dan plastik. Bagaimana sifat-sifat bahan tersebut?

1.  Karet

 Ada dua  jenis  karet,  yaitu  karet alami dan  karet  sintetis. Karet alami dibuat dari  lateks yaitu  getah yang diambil dari pohon karet.  Karet me- rupakan tumbuhan  asli  Amerika Tengah dan Selatan, namun banyak tumbuh di daerah khatulistiwa. Ge- tah pohon karet diambil dengan cara

disadap. Lihatlah  gambar  7.2!

Kebutuhan karet  ternyata sa- ngat  besar. Akibatnya, persediaan karet mentah dari pohon karet tidak mencukupi. Oleh  sebab itu, kemu- dian dikembangkan  karet  tiruan (karet  sintetis). Karet sintetis dibuat dari minyak  bumi,  gas  alam,  dan batubara.

Karet  bersifat elastis atau  len- tur dan  memiliki  daya hantar panas dan  listrik.

2. Logam

Logam adalah bahan hasil  tambang. Logam dibagi menjadi dua  jenis,  yaitu  logam murni dan  logam campuran.

–     Logam  murni  berbentuk padat pada  suhu  ruangan, kecuali  raksa.

Beberapa contoh logam  murni  adalah tembaga,  platina, perak, dan  emas.

–     Logam  campuran adalah campuran dari  beberapa logam  murni.

Contohnya adalah perunggu (campuran timah  dan  tembaga), serta kuningan (campuran tembaga dan  seng).

Sifat-sifat umum yang dimiliki logam antara lain keras dan  mengkilap; mudah  dibentuk melalui  proses peleburan; dapat dibengkokkan tanpa patah;  dapat dibuat menjadi kabel; penghantar  listrik dan  panas yang baik;  serta dapat ditarik  oleh  magnet (beberapa jenis  logam).

3. Kayu

 Kayu didapat dengan cara  me- nebang berbagai jenis  pohon. Lihat gambar  7.4! Kayu gelondongan da- pat digergaji atau  dipotong menjadi berbagai peralatan dan  perabotan. Kayu gelondongan juga  dapat dipo- tong dan  dibentuk menjadi lembar- an  tipis  atau  potongan-potongan blok.  Sisa-sisa gergajian berupa serbuk  kayu  dan  potongan-poto- ngan  kecil  ditaburi lem  dan  dipres menjadi papan  tipis.  Hasil  olahan kayu  dalam  berbagai  bentuk dan  ukuran,  misalnya papan,  triplek, multiplek, dan  sebagainya.  Lihatlah gambar  7.5!

a.   Tripleks dibuat dengan merekatkan lembaran- lembaran kayu tipis

b.  Papan blok yaitu kayu balok dilapis lembaran

c.  Papan yang dibuat dari serpihan atau  serbuk kayu yang ditekan

Kayu memiliki  beberapa sifat  yaitu  kuat,  mudah dipotong dan  diben- tuk;  serta  penghantar panas yang  buruk.  Namun, kayu  memiliki  ke- lemahan. Kayu yang tidak diawetkan mudah dimakan rayap sehingga men- jadi  lapuk.  Coba  ingat  kembali terjadinya pelapukan!

4. Plastik

Plastik pertama dibuat tahun  1862, oleh seorang ahli kimia Inggris  ber- nama  Alexander Parkers.  Beberapa jenis  plastik  antara lain  nilon,  poli- propilen, poliester, dan  sebagainya. Berbagai jenis  barang yang sebelumnya  dibuat dari  kayu  atau  logam, kini dibuat dari  plastik.

Beberapa keunggulan dan  sifat  khusus yang  dimiliki plastik  adalah lebih ringan dan  mudah dibentuk; tidak  tembus air; harganya relatif  lebih murah; dan  tidak  menghantarkan listrik (isolator).

Namun selain memiliki banyak kelebihan, ternyata plastik juga memiliki kekurangan. Limbah  plastik  tidak  mudah diuraikan oleh  mikroba tanah. Jika dibakar, asapnya akan membahayakan kesehatan manusia dan lingku-

ngannya. Bagaimana cara  mengatasinya? Coba  kalian  pikirkan  bersama!

Pikirkan   Bersama!

Berdiskusilah dalam  kelompok kecil (3-4 orang).

Plastik bermanfaat untuk  segala kebutuhan dan  sangat menguntung- kan  dalam  pemakaian. Sayang, limbah  plastik  tidak  dapat hancur bila  ditimbun dan  sangat berbahaya jika dibakar. Bagaimana cara mengurangi  limbah plastik  namun kita masih dapat terus meman- faatkan plastik?

B. Pemanfaatan Bahan menurut Sifatnya

Perhatikan berbagai jenis  benda di sekitarmu! Pasti  kamu  akan  me- nemukan bahan seperti karet,  logam, kayu, dan  plastik  digunakan sebagai bahan pembuatnya.

1. Karet

Karet  bersifat lentur. Karet  digunakan untuk  membuat berbagai jenis ban,  misalnya ban sepeda dan  ban  mobil.  Jok  kursi  juga  dilapisi dengan  karet  supaya nyaman diduduki.  Daya hantar panas yang buruk pada karet,  dimanfaatkan sebagai  pegangan berbagai alat  masak dan peralatan dapur. Karet juga memiliki  daya  hantar listrik  yang buruk.   Sifat  itu  digunakan untuk melapisi kawat listrik dan  untuk  pegangan pada  alat-alat  listrik.

 

2. Logam

Sifat logam yang keras banyak dimanfaatkan untuk  pembuatan tiang- tiang gedung dan  jembatan. Pagar rumah, tiang  listrik, dan  berbagai benda yang kamu jumpai di sepanjang perjalananmu mungkin dibuat dari logam.

Perhatikan gambar 7.7! Terbuat dari  apakah kabel  listrik tersebut? Kabel  listrik terbuat dari  tembaga. Tembaga merupakan penghantar listrik yang baik.

Logam merupakan penghantar panas yang baik. Sifat ini dimanfaatkan pada pembuatan peralatan memasak.  Perhatikanlah gambar  7.8! Panci masak dibuat dari logam aluminium.  Alat-alat  memasak yang dibuat dari  logam  dapat mempercepat  matangnya makanan.

Peralatan elektronik seperti bel listrik, kipas angin, dan telepon juga terbuat dari  logam. Pembuatan alat-alat tersebut juga  memanfaatkan sifat  logam, yakni  dapat ditarik oleh  magnet.

  

 

 

Lihatlah  gambar  7.9!  Tahukah kamu, terbuat dari apakah gamelan tersebut? Seperangkat gamelan terbuat dari  logam kuningan.

Logam-logam yang sudah tidak digunakan didaur ulang. Logam- logam dilebur dan dibentuk kembali menjadi barang-barang baru.

3. Kayu

Sangat mudah menyebutkan berbagai benda atau  peralatan yang dibuat dari  kayu,  bukan? Meja belajar, bangku, papan tulis, rak buku,  lemari, dan  pintu  dibuat dari  kayu.  Lihatlah  gambar  7.10! Memang  tidak  semuanya, tetapi tidak sedikit!  Sebelum ditemukan logam, batu bata, dan  beton se- bagian besar jembatan juga  dibuat dari  kayu.

Kayu dapat menghambat panas atau  bersifat isolator. Sifat itulah yang menjadikan kayu  dipilih  sebagai bahan untuk  membuat pegangan panci dan alat masak lainnya.

4. Plastik

Pada masa sekarang penggunaan plastik  sangat banyak. Penggunaan plastik yang semakin banyak disebabkan keunggulan yang dimiliki plastik  dibanding bahan lain. Barang-barang yang sebelumnya dibuat dari bahan lain, kini dibuat dari  plastik.  Misalnya, peralatan makan yang sebelumnya dibuat dari kaca  atau keramik, sekarang dibuat dari plastik.  Meja dan  kursi yang tadinya dibuat dari kayu,  kini juga  dibuat dari  plastik.

Selain berbagai jenis benda yang telah  disebutkan di atas, tentu masih banyak jenis benda lain yang belum terdaftar. Nah, sekarang kerjakan tugas rumahmu! Kamu   perlu  mengamati lebih  teliti dan  membuat daftar yang lebih  panjang untuk  menambah informasimu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s