BAB V. Konduktor dan Isolator

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 

Kelas/Semester            :   VI / 1

Materi Pokok               :   Konduktor Dan Isolator Panas

Waktu                          :   10 x 45 menit (5 x pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan diskusi

  1. A.    Standar Kompetensi       :

5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda

  1. B.     Kompetensi Dasar

5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat  Menyebutkan kegunaan dari logam dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
  • Siswa dapat  Menyebutkan sifat dari kaca tembus pandang dan keras
  • Siswa dapat  Menyebutkan kegunaan dari kaca dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
  • Siswa dapat  Mengulang materi sebelumnya
  • Siswa dapat  Menyebutkan sifat dari kayu dan plastik yaitu tidak menghantarkan panas
  • Siswa dapat  Menyebutkan kegunaan dari kayu dan plastik
  • Siswa dapat  Menyebutkan sifat dari kain (bahan sandang) yaitu tidak menghantarkan panas
  • Siswa dapat  Menyebutkan kegunaan dari kain dan contoh benda di dapur pelapis saat tangan memegang paci dan penggorengan panas
  • Siswa dapat  Membuat daftar peralatan dapur yang terbuat dari isolator
  • Siswa dapat  Menyebutkan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)

  1. D.    Materi Essensial

Bahan untuk membuat konduktor dan isolator panas.

Materi Pembelajaran :

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan tersebut didasarkan pada sifat  yang dimiliki bahan ter- sebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan  benda yang tidak  dapat  menghantarkan panas.

Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas de- ngan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bagai- mana manusia memanfaatkan sifat menghantarkan panas sebagai alasan untuk  membuat suatu barang?

Amati  dan  pikirkan  gambar  5.1  berikut!

Antara pegangan setrika arang dengan setrika listrik terdapat perbedaan. Terbuat dari  apakah pegangan pada kedua setrika di atas? Tahukah kamu  alasan penggunaan bahan tersebut?

Amati  juga  bagian bawah kedua setrika! Terbuat dari  bahan apakah bagian bawah setrika di atas? Tahukah kamu  alasan penggunaan bahan tersebut?

Setelah kamu  amati gambar  5.1,  terpikirkah olehmu mengapa  badan setrika arang terbuat dari logam dan pegangan terbuat dari kayu? Mengapa badan setrika listrik terbuat dari plastik  dan  pegangan terbuat dari plastik?

Benda-benda yang  dapat menghantarkan panas disebut konduktor panas. Benda-benda yang tidak  dapat menghantarkan panas disebut iso- lator.  Nah, bagian mana yang disebut konduktor? Bagian  mana yang di- sebut isolator?

Bagian-bagian setrika arang dan  listrik tadi  terdiri  dari  bahan konduk- tor  dan  isolator. Badan setrika arang merupakan konduktor. Logam me- rupakan konduktor panas yang baik. Badan setrika listrik terbuat dari plastik.  Bagian bawah  kedua setrika tersebut terbuat dari  logam. Logam bagian bawah setrika dapat menghantarkan panas yang dihasilkan bara di dalam setrika  atau  panas yang  dihasilkan listrik.  Panas itulah  yang  digunakan untuk  menghaluskan pakaian.

Pegangan setrika terbuat dari  kayu  dan  plastik.  Kayu  dan  plastik  me- rupakan isolator panas dan  listrik. Benda-benda yang memiliki  sifat  isola- tor  tidak dapat menghantarkan panas dan  listrik. Itulah  sebabnya tangan kita tidak akan  tersengat panas bara atau  listrik saat menyetrika.

B. Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Kamu  sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari  satu tempat ke tempat lain melalui  konduksi, konveksi, dan  radiasi. Ingat  kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan  radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil!

Barang-barang dalam  kehidupan sehari-hari banyak yang  meman- faatkan  sifat  benda sebagai konduktor atau  isolator. Benda  apakah itu? Selimut  dan  panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat  ini.

Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator sehingga tidak  meng- hantarkan panas yang keluar  dari  tu- buhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Terbuat dari  apakah panci? Panci  terbuat dari  bahan logam, misalnya alumunium. Alumunium merupakan penghantar panas yang baik.  Panci  akan  menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik.  Plastik  merupakan isolator sehingga kamu  tidak  akan kepanasan  ketika  memegangnya.

Mesin  mobil  dan  motor terbuat dari  bahan yang dapat menghantar- kan  panas. Mesin  memerlukan panas untuk  memperoleh kinerja  mesin yang  ideal.  Mesin  juga  memerlukan energi listrik sehingga perlu  bahan konduktor sebagai  penghantar  listrik.

Dari uraian di atas, kamu  sudah tahu  mana bahan yang bersifat kon- duktor dan  isolator. Selain setrika, selimut, dan  panci, tentu kamu  dengan mudah  menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan  isolator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s